Selasa, 01 September 2009

Jangan Biarkan Rantai Keteng Suzuki Shogun Kendur

Jangan pernah membiarkan gejala rantai keteng alias cam chain yang kendur di Suzuki Shogun 125,karena kerusakannya bisa menjalar sampai kruk as. Jika anda cuek maka siap-siap aja keluar duit lebih banyak dari pada jika anda segera mengganti rantai keteng satu set berikut tensioner nya.
Cam chain yang kendur membuat kerja gigi sentrik belakang atau timing sprocket berputar lebih berat, dan di sinilah pangkal masalahnya karena lama kelamaan gigi sproket timing bisa rontok. Kenapa dana bisa membengkak kalau timing sprocket rusak? Gigi sentrik generasinya Suzuki Shogun sudah menyatu dengan kruk as sebelah kiri.
Berbeda dengan merk lain, timing sproketnya bisa dilepas dari kruk as kiri, seperti di Yamaha Jupiter Z atau semua generasi Honda Supra. Jadi, jika timing sproket rontok di Jupiter Z atau Supra X 125 cukup ganti sproketnya saja. Sedangkan pada Suzuki Shogun untuk mengganti timing sprocket tidak hanya mengganti kruk as sebelah kiri. Tapi belinya harus satu set kanan kiri.
Gejala rantai keteng rusak terdeteksi dari suara berisik di mesin sebelah kiri.Suara yang terdengar seperti rantai roda kendur. Silahkan pilih cuekin rantai keteng kendur atau buruan ganti.

Motopedia.Blogspot.com
Sumber : MotorplusOnline.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

klop..ah

Posting Komentar