Jumat, 04 September 2009

Sejarah Harley-Davidson 1900 - 1909

It’s not a bike it’s Harley Davidson. Kalimat ini mungkin pernah atau bahkan sering kita dengar, dan kali ini saya ingin berbagi kisah lahirnya sebuah perusahaan sepeda motor paling terkenal ini. Cerita ini tak seorang pun di dunia ini pernah mencapainya. Empat pemuda melakukan percobaan dengan mesin pembakaran internal dalam sebuah pondok kayu kecil. Tidak saja pondok itu tidak terbakar, tapi sepeda motor yang mereka bangun terus melayani sejauh lebih dari 100.000 mil, di bawah lima pemilik. dan itu baru permulaan
1901 William S. Harley, umur 21, menyelesaikan gambar cetak biru mesin yang dirancang untuk muat pada sebuah sepeda.

1903 William S. Harley dan Arthur Davidson menyediakan untuk umum produksi pertama Harley-Davidson. Sepeda motor ini dibangun untuk seorang pembalap, dengan 3-1/8 inci 3-1/2 inci bore dan stroke. Pabrik di mana mereka bekerja adalah sebuah gudang kayu berukuran 10 x 15 kaki dengan kata-kata "Harley-Davidson Motor Company" tertulis kasar di pintu. Saudara Arthur Walter kemudian bergabung dengan usaha mereka.


Henry Meyer dari Milwaukee, sebuah sekolah rekanan dari William S. Harley dan Arthur Davidson, membeli salah satu model tahun 1903 langsung dari pendirinya.

1904 Dealer pertama Harley-Davidson, C.H. Lang of Chicago, IL, membuka bisnis dan menjual salah satu dari tiga produksi pertama sepeda motor Harley-Davidson yang pernah dibuat.

1905 Pada 4 Juli sepeda motor HD memenangkan suatu balapan 15 mil di Chicago dengan waktu 19:02. Di Milwaukee, pada saat yang sama karyawan tetap pertama dipekerjakan.

1906 Sebuah pabrik baru, berukuran 28 x 80 meter, dibangun di atas situs Chestnut St, kemudian berganti nama menjadi Juneau Avenue. Jumlah staf meningkat menjadi enam karyawan tetap. Juga, katalog sepeda motor pertama diproduksi oleh Perusahaan dan julukan "Silent Gray Fellow" digunakan untuk pertama kalinya.

1907 William A. Davidson, saudara Arthur dan Walter Davidson, berhenti dari pekerjaannya sebagai mandor peralatan untuk Milwaukee Road railroad dan bergabung dengan perusahaan sepeda motor saudaranya ini.

Harley-Davidson Motor Company yang didirikan pada 17 September. Saham dibagi empat cara di antara empat pendiri, dan jumlah staf bertambah lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya sampai delapan belas karyawan. Ukuran pabrik berkembang dua kali lipat juga. Perekrutan dealer dimulai, dengan target daerah New England.

1908 Walter Davidson mencetak skor 1.000 poin sempurna di Federasi Tahunan ke-7 motor Amerika dan Keandalan Endurance Contest. Tiga hari setelah kontes, Walter meraih FAM economy rekor dengan 188,234 mil per galon. Namun kalimat Harley-Davidson motorcycle masih sangat sulit diterima publik.

Sepeda motor pertama untuk tugas polisi dikirimkan ke Departemen Kepolisian Detroit, MI.

1909 Pada tahun ke enam Harley-Davidson Motor Company memperkenalkan sepeda motor V-twin pertama. Dengan kapasitas 49,5 kubik inci, sepeda menghasilkan tujuh tenaga kuda. Citra dua silinder dalam konfigurasi 45 derajat akan cepat menjadi salah satu ikon yang paling abadi dari sejarah Harley-Davidson. Juga untuk pertama kalinya tersedia suku cadang dari perusahaan ini untuk sepeda motor produksi mereka.

Motopedia.Blogspot.com
Sumber : www.Harley-Davidson.com

0 komentar:

Posting Komentar