Rabu, 23 September 2009

Norton dan Tokoh Revolusi Kuba

(Tokoh : Ernesto ‘Che’ Guevara)



Ernesto ‘Che’ Guevera, simbol perlawanan anti kemapanan. Dia tokoh revolusioner Kuba, negara komunis yang bertahan hingga saat ini. Dia juga sahabat dekat Fidel Castro. Presiden Kuba, tokoh yang bisa membuat Amerika mati langkah selama lebih dari 40 tahun. Negara ini “tak tersentuh” oleh Amerika.

Tapi, siapa sangka Che Guevara punya perjalanan ‘spiritual’ memacu Norton 500 cc. Itu membentuk kepribadian tokoh kaum papa yang legendaris di dunia. Sayangnya, Norton yang dikendarai Che Guevara tidak diketahui pasti buatan tahun berapa.

Perjalanan panjang pejuang yang tercatat dalam akta kelahiran Rosario Argentina 14 Juni 1928 (sebenarnya ia kelahiran 14 Mei 1928) ini, dituangkan dalam catatan harian. The Motorcycle Diaries, A Journey Around South America. Diari Che Guevara itu, ditemukan di sebuah tas ransel dan baru dipublikasikan 1968.

Kisah heroiknya dimulai Januari 1952. Dua orang pemuda, Che Guevara dan Albreto Grandos mengadakan perjalanan jauh. Keduanya mahasiswa di Universitas Buenos Aires tempat mereka menimba ilmu kedokteran. Mereka berangkat dari Buenos Aires, Argentina. Menuju ke Venezuela, Bolivia kemudian Chili.

Sebenarnya, perjalanan ini masih berhubungan dengan urusan sekolah. Keduanya melakukan riset penyakit lepra di beberapa rumah sakit. Situasi Amerika Selatan saat itu memang masih terbelakang. Pendudukmya miskin, dan penyakit kusta mewabah dimana-mana.

Perjalanan ini menempuh waktu enam bulan dengan jarak ribuan kilometer. Tujuan awal yang hanya berkaitan dengan pendidikan jadi melebar. Perjalanan ini menjadi titik awal perkenalan Che Guevara dengan rakyat bawah.

Keduanya menemukan berbagai macam orang dan kisah pengalaman menarik. Bertemu suku Indian asli, suka duka para penambang tembaga, penderitaan penyandang kusta dan kejadian kemanusiaan lainnya. Intinya dalam perjalanan ini mereka menyaksikan berbagai kepiluan yang tiada tara.

Pengalaman ini menguatkan kepekaan Che Guevara terhadap penderitaan kaum papa. Rasa solidaritas inilah yang menjadi tonggak revolusi Kuba, delapan tahun setelah perjalanan Che Guevara.

Menang dalam perjuangan Revolusi Kuba bersama Fidel Castro, Che Guevara diangkat menjadi Menteri Industri. Namun karena seringnya bersebrangan pendapat dengan koleganya Che Guevara memilih untuk kembali berjuang dengan rakyat bawah.

Petualangan revolusioner terakhir Che adalah di Bolivia, karena ia salah memperkirakan potensi negara itu yang mengakibatkan konsekuensi yang buruk. Tertangkapnya Che oleh tentara Bolivia pada 8 Oktober 1967 adalah akhir dari segala usahanya dan hukuman tembak dijatuhkan sehari setelah itu. Kematiannya mengundang kontroversi. Tiga puluh tahun kemudian baru terungkap, Central Intelligence Agency (CIA) dan Green Barret Amerika, terlibat pembunuhan tersebut. Pada tanggal 12 Juli 1997 jenazahnya dikuburkan kembali dengan upacara kemiliteran di Santa Clara, di provinsi Las Villas, di mana Guevara mengalami kemenangan dalam pertempuran ketika revolusi Kuba.

Che menjadi legenda. Ia dikenang karena keganasannya, penampilannya yang romantis, gayanya yang menarik, sikapnya yang tak kenal kompromi dan penolakan atas penghormatan berlebihan atas semua reformasi murni dan pengabdiannya untuk kekejaman dan sikapnya yang flamboyan. Ia juga idola para pejuang revolusi dan bahkan kaum muda generasi tahun 1960 - 1970 atas tindakan revolusi yang berani yang tampak oleh jutaan orang muda sebagai satu-satunya harapan dalam perombakan lingkup borjuis kapitalisme, industri dan komunisme

Di buku The Motorcycle Diary disebutkan perjalanan Che Guevara dan Albreto Grandos penuh suka duka. Kisah romantis seperti jatuh cinta pada gadis di tempat yang mereka singgahi. Bahkan sempat jadi pelatih sepak bola. Keduanya juga disebutkan sering mengalami kecelakaan dalam buku yang dialih bahasakan oleh Ann Wright ini.

Sumber : Tabloid Motorplus
Wikipedia

http://motopedia000.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar